Belajar Smart Contract Buat Apa?
header-blog

Guys, melanjutkan bahasan kemarin mengenai koin micin (token). Mungkin banyak di antara kalian yang bertanya seperti di judul artikel ini. Apakah smart contract hanya untuk bikin koin micin (token)? Anda salah jika beranggapan seperti itu. Tapi memang nyatanya belum banyak yang memanfaatkan teknologi smart contract ini untuk kehidupan nyata. Berikut ini akan saya kupas, apa yang bisa kita manfaatkan dari smart contract.

Nyatanya smart contract bisa Anda manfaatkan sebagai database dengan banyak keuntungan. Anda tidak perlu biaya bulanan agar database dapat diakses karena ditanggung pemilik jaringan. Misal, Anda membuat sebuah smart contract di jaringan BSC, database kalian akan tetap aktif selama server jaringan tersebut aktif. Dan jangan khawatir, karena sifatnya yang terdesentralisasi dan berantai, ada banyak server yang menunjang jaringan ini agar tetap aktif.

Sebagai teknologi yang menjunjung tinggi transparansi, keterbukaan menjadi milik siapa saja pada teknologi blockchain. Dengan memanfaatkan smart contract ini setiap orang bisa melacak transaksi yang sudah terjadi pada "database", sehingga tidak ada lagi manipulasi data terjadi. Bagimana contoh transparansinya? Akan kita bahas juga nanti.

Kita masuk ke studi kasus bagaimana memanfaatkan smart contract. Sebagai contoh kita ingin membuat sistem informasi lowongan kerja. Di mana nantinya akan terdapat entitas pengelola (kita sebagai pemilik), perusahaan, dan pencari kerja yang harus tercatat pada database. Sudah terbayang? Baik, sekarang buka contoh kode sumber yang saya bagikan pada artikel sebelumnya, https://github.com/InochiSoft/InochiToken. Buka folder contracts.

Anda akan melihat berkas-berkas dengan ekstensi sol yang adalah ekstensi untuk jenis berkas solidity. Solidity sendiri adalah bahasa yang digunakan untuk memrogram smart contract. Berkas utama untuk sistem yang akan kita kembangkan ini adalah Factory.sol, Ledger.sol, dan Tracker.sol.

Factory.sol bertindak sebagai induk yang mengelola semua proses yang terjadi pada sistem. Ledger.sol (buku besar) adalah smart contract yang akan mencatat setiap daftar yang ditambahkan. Sedangkan Tracker adalah smart contract berisi informasi yang dicatat pada buku besar (Ledger.sol).

Bagaimana guys? Semakin tertarik? Sampai jumpa di episode berikutnya ya…


Komentar