Belajar Smart Contract Buat Apa? (Episode 2)
header-blog

Melanjutkan episode sebelumnya, bagaimana rangkain kerja pada sistem informasi lowongan kerja? Dimulai dengan pengguna mendaftar pada situs kita. Di sini kita membutuhkan sebuah smart contract Ledger untuk mencatat setiap pengguna. Karena ada dua jenis pendaftar, yaitu pemberi kerja (perusahaan) dan pencari kerja, maka kita juga membutuhkan dua jenis Ledger, yaitu Ledger Company dan Ledger Applicant.

Ketika pengguna mendaftar baik sebagai perusahaan maupun pencari kerja, masing-masing akan dibuatkan sebuah Tracker. Tracker ini akan berisi informasi profil berdasarkan jenis pengguna. Alamat tiap Tracker tersebut akan dicatat pada masing-masing Ledger sesuai peruntukannya.

Khusus untuk perusahaan, akan dibuatkan 2 (dua) buah Ledger pribadi, yaitu Vacancy dan Applicant. Ledger Vacancy digunakan untuk mencatat daftar posisi lowongan kerja, dan Ledger Applicant digunakan untuk mencatat daftar pelamar kerja. Ketika perusahaan membuka lowongan pekerjaan untuk suatu posisi jabatan, maka akan dibuatkan sebuah Tracker dan dicatat pada Ledger Vacancy. Dan saat terdapat pencari kerja yang mengajukan lamaran pada posisi tersebut maka akan dibuatkan sebuah Tracker dan dicatat pada Ledger Applicant. Selain berisi profile pelamar kerja, pada Tracker Applicant juga akan berisi informasi status dari tiap-tiap proses perekrutan pelamar kerja.

Berikut ini contoh Ledger Vacancy.

Alamat: https://goerli.etherscan.io/address/0xE9B76750f60f10280C7D02614d069907ff3BC5Fd

Daftar properti yang tersedia pada smart contract Ledger:

name: nama dari ledger.

owner: Alamat wallet pemilik ledger.

symbol: simbol dari ledger.

totalSupply: jumlah Tracker (posisi lowongan kerja) yang tercatat.

Setiap orang dapat melihat banyaknya posisi lowongan kerja yang disediakan perusahaan.

Sebagai contoh kita akan ubah properti dari salah satu Tracker yang tersedia.

Sebagai catatan, untuk dapat melakukan perubahan, Anda harus menghubungkan wallet Anda dengan situs scan explorer tersebut. Dan Anda haruslah sebagai owner (pemilik) smart contract tersebut. Penjelasan selengkapnya akan kita ulas nanti.

Setelah proses berhasil, mari kita lihat perubahan pada Tracker tersebut. Alamat: https://goerli.etherscan.io/address/0x372b9e79a88665304Defa77397c6245Cff9DDe07

Seperti yang bisa Anda lihat, pada kolom getFieldString, ketika kita memasukkan kata kunci "position", akan ditampilkan informasi posisi lowongan kerja yang tersimpan pada Tracker.

Sementara saya cukupkan dulu sampai di sini, ya guys ya…


Komentar